Selasa, 21 Juni 2011

Rijalul Ghaib

Tentang Rijalul Ghaib

Assalamu'alaikum,

Semoga Allah swt selalu memberikan kesehatan kepada Tuan Guru Habib Munzir bin Fuad AlMusawa.
Salam hormat dan takdzim saya kepada Tuan Guru Habib Munzir bin Fuad Almusawa. Semoga ruh pendosa seperti saya selalu terhubung dengan ruh mulia milik Tuan Guru Habib Munzir.

Guru, saya mau bertanya beberapa hal :

1. Apakah ada hadits yang menerangkan tentang Djabaulqa dan Djabaulsa serta Gunung QAF? Kalau ada, mohon terangkan kepada si fakir ini apa dan siapa mereka?

2. Apakah ada juga hadits tentang Majuj dan Yajuj? Kalau ada, mohon di terangkan juga bib? Terus sekarang tempat di kurungnya Yajuj dan Majuj ada dimana bib? Apakah Dzulqarnain sama dengan Alexander the great bib?

3. Apa dan siapa yang disebut Rijalul Ghaib? Apakah kita bisa bertemu dengan mereka dengan memanjatkan doa khusus? Kalau bisa, minta dituliskan sekallian bib doanya serta ijazahnya?

4. Bib apakah ada adabnya bila kita mau berjumpa dengan orang sholeh seperti Habib?

5. Apakah orang seperti saya yang penuh dengan dosa ini kelak akan diberi syafaat oleh Nabi Muhammad saw? Mohon doanya bib, supaya saya tetap istiqomah dalam beribadah kepada Allah swt dan kelak agar saya dapat diberi syafaat oleh Nabi Muhammad saw. Sampaikan salam rindu saya kepada Nabi Muhammad saw jika habib bertemu dengan Nabi.

Sekian  pertanyaan dari si bodoh ini, sekiranya ada yang tidak berkenan mohon di maafkan.

Wassalam.


Jawapan :

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Kemuliaan Ramadhan, Kesucian Nuzulul Qur'an, Cahaya Keagungan Lailatul Qadr, Keluhuran Badr Alkubra, dan Ijabah pada hari hari shiyam dan qiyam semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
hamba cuma pendosa yg berharap pengampunan Allah swt pada saya atas segala dosa dari doa jamaah, terimakasih atas doa anda,

1. saya tak menemukannya pada riwayat shahih, mengenai Jabal Qaaf (gunung qaaf) adalah sebuah gunung yg teriwayatkan dibangun Allah swt dari Yaquut, diantara langit dan bumi, dijelaskan pada riwayat yg panjang, dijelaskan pada Tafsir Imam Qurtubi, Al ashbahaniy dll, namun pendapat sebagian besar ulama bahwa ia ada di alam malakuut, namun tidak teriwayatkan pada riwayat yg shahih.

Sebagian besar para Mufassir seperti Imam Ibn Katsir, Imam Thabari dll menafsirkan makna firman Allah swt : Qaaf (pada surat Qaaf) adalah Jabal Qaaf.

2. sandaran dalilnya adalah pada Alqur'an surat Alkahfi ayat 94 dan Al Anbiya 96.

Berikhtilaf ulama akan bentuk Ya'juj wa ma'juj ini, Al Imam Nawawi dalam syarah Nawawi ala shahih Muslim menjelaskan bahwa Ya'juj wa ma'juj adalah keturunan Yafits bin Nuh as, pendapat lain bahwa mereka adalah dark bangsa Atturk, mereka adalah manusia namun dipendam dan diperangkap oleh Zulqarnain sebagaimana firman Allah di Al Kahffi dan Al anbiya diatas.

Imam Ibn Hajar dalam Fathul Baari Bisyarah Shahih Bukhari berpendapat bahwa pendapat yg terkuat Ya'juj wa ma'juj muncul setelah Dajjal dibunuh oleh Isa as, dan hadits hadits merujuk bahwa Ya'juj wa ma'juj akan diperangi oleh Nabi Isa as pula, dan mereka memakan bangkai saudaranya sedniri dan memakan segala apa yg hidup diatas bumi,jumlah mereka sebagaimana hadits riwayat shahih Bukhari adalah 100X lebih banyak dari ummat Manusia diatas Bumi, dan dari 1000 maka satu dari manusia dan 999 adalah Ya'juj wa ma'juj.

Mereka hidup didalam Tanah sejak Zaman Zulqarnain ribuan tahun yg silam, dan mereka akan muncul bagaikan manusia purba yg ingin menguasai bumi keseluruhannya, dan mereka akan diwafatkan sebab doa Isa as.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,mengenai apakah ada hubungannya Alexander dg Dzulqarnain saya tidak menemukan riwayat yg kuat dalam hal itu.

3. Rijalul Ghaib sebagian ulama menggelarinya untuk arwah para shalihin dan malaikat yg membantu para mukminin dalam perjuangan dakwahnya, ada doanya, namun  tidak mengizinkan untuk mengamalkannya, cukup Allah dan Rasul Nya, maka semua rijaalul ghaib akan ditundukkan Allah swt untuk membantu.

4. saudaraku, berjumpa dengan para shalihin adalah hendaknya dengan adab kesopanan dalam berucap dan batin yg baik dan mulia, namun bukan saya, saya hanya seorang pendosa yg berharap doa dari jamaah agar diampuni Allah swt dari dosa dosa saya.

5. semoga cahaya Ijabah demi keluhuran Lailatul qadr dan Badr Al Kubra berlimpah pada anda atas segala doa dan hajat.

Wallahu a'lam

0 komentar:

Poskan Komentar

Updates Via E-Mail